Ini Imbauan PBNU Terkait Sandal Berlafaz Allah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Ini Imbauan PBNU Terkait Sandal Berlafaz Allah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Hingga kini, Polres Gresik terus menyelidiki adanya unsur kesengajaan pada cetakan sandal berlafadz Allah yang berasal dari pabrik sandal PT Pradipta Perkasa Makmur (PPM) di Jalan Raya Wringianom KM 33, Desa Sumber Rame, Kecamatan Wringinanom..

“Kalau ada unsur kesengajaan akan kami tindak. Tapi sampai saat ini kami belum menemukannya,” terang Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo.

Kemarin (13/10), aparat Polres Gresik mendatangi pabrik tersebut milik Lim Long Hwa itu. Dalam pemeriksaan di pabrik PPM, lanjut AKBP Ady, pihaknya menyita 3 buah alat pencetak sandal yang digunakan pabrik. Sebanyak 609 pasang sandal dalam 13 kantong rencananya akan dimusnakan.

Penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik Agus Nur Muhammad menerangkan bila pihaknya telah melakukan rapat untuk membahas masalah ini. “Masyarakat tidak perlu ribut dan dibesar-besarkan. Masalah ini sudah ditangani kepolisian,” kata pria yang biasa disapa dengan nama Gus Nur ini.

Gus Nur meminta agar sandal ini tidak membuat konflik antar agama. Karena itu dia meminta agar masyarakat tidak terprovokasi atas hal ini.

Senada dengan Gus Nur, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUP) Gresik, Muhammad Toha meminta seluruh umat tidak panik akan hal ini. “Khususnya umat Islam yang menjadi mayoritas di Indonesia, agar tidak terpecah dengan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab ini,” tuturnya.

Sebagai catatan, sandal jenis ini telah beredar sejak 2014 lalu. Di- rincikan pada tahun 2014 pabrik memproduksi sandal jenis ini Septem- ber 12 ribu pasang, Desember 6 ribu pasang. Sedangkan tahun 2015 Maret 7.420 pasang, April 12 ribu pasang, Juli 12 ribu pasang, Agustus, 16.500 pasang, September 10.150 pasang, dan Oktober 6 ribu pasang.

Pabrik dengan Izin Industri:73/ 403.56/iui/XI/2001 sebenarnya berada di Surabaya. Sejak 2010 lalu pabrik pindah ke Wiringinanom Gresik dengan mempekerjakan 50 karyawan. Setiap hari pabrik mampu memproduksi 30 ribu sandal. Selain sandal berlafadz Allah, Pabrik memiliki belasan produk dengan tipe lain. (sal/ris/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top