Kejari Maros Bidik Tersangka Baru Korupsi PNPM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Kejari Maros Bidik Tersangka Baru Korupsi PNPM

FAJAR.CO.ID, MAROS  — Kejaksaan Negeri (Kejari) Maros membidik tersangka baru pada kasus korupsi PNPM Tompobulu. Korupsi yang merugikan negara hingga Rp1,8 Miliar sejauh ini telah menyeret tiga orang.
Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Maros Herawaty mengatakan, tiga tersangka yang kini tengah ditahan, masing-masing Ketua UPK M Yunus, fasilitator Irwan Rapi dan ketua Kelompok SPP Nurhaeda sedang diperika intensif. Temuan mereka sejauh ini mengindikasi, korupsi itu dilakukan tidak hanya oleh mereka bertiga.
“Banyak yang kemungkinan bisa terlibat, karena itu kemungkinan besar akan ada tersangka baru dalam waktu dekat,” kata Herawaty.
Kecurigaan Kejari cukup beralasan, pasalnya ada 67 kelompok fiktif penerima dana bergulir program SPP yang terlibat. Kelompok itu dibentuk Nurhaedah atas perintah Yunus. Sementara Irwan Rapi tidak memverifikasi kelompok itu. “Jika ada indikasi pihak lain yang terlibat membantu ketiga orang ini, akan kami seret juga,” kata Herawaty.
Kuasa hukum kedua tersangka, Supriono juga menyebut jika kasus itu bisa saja melibatkan banyak pihak lain. Namun dia menegaskan kedua kliennya hanya sebatas korban. “Klien kami tidak pernah nikmati uangnya, ada pihak lain yang seharusnya diperiksa, justru klien kami yang hanya korban yang ditersangkakan,” kritiknya.
Kasus ini sendiri telah bergulir sejak 2010. Saat itu PNPM membuat program pinjaman untuk kelompok usaha yang dibina perempuan Tompobulu. Pinjaman setotal Rp 1,8 miliar itu akhirnya menunggak. (ris)
loading...
Click to comment
To Top