Keterangan Fransiskus Wakili Black Box Heli EC 130 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Keterangan Fransiskus Wakili Black Box Heli EC 130

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bakal menemui Fransiskus. Korban helikopter EC 130 hilang kontak yang ditemukan di perairan Danau Toba, Kecamatan Onanrungu, Kabupaten Samosir, Selasa (13/10), itu dinyatakan sudah bisa berkomunikasi.

Kepala KNKT Suryono mengungkapkan, ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan terkait musibah yang terjadi. Antara lain, kronologis kejadian dan detail kondisi pesawat sebelum helikopter jatuh.

Menurutnya, sesi wawancara ini menjadi kunci penting untuk tindakan selanjutnya, apakah pengangkatan badan heli perlu dilakukan atau tidak. Bila kesaksian korban dapat menjelaskan detail kondisi sebelum kecelakaan maka pengangkatan badan pesawat tidak perlu dilakukan.

Kesaksian dapat mewakili black box untuk membuat kesimpulan atas tragedi yang terjadi. “Makanya nanti kita lihat dulu keterangan yang disampaikan bagaimana,” katanya.

Dia mengatakan, pengangkatan badan heli memang tidak wajib jika fakta penyidikan sudah terpenuhi. Apalagi, proses pengangkatan bodi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Ditambah pula, biaya yang dikeluarkan cukup mahal serta berisiko.

“Pengangkatan bodi itu tidak mudah, intinya itu,” tegasnya. (mia/hsn/JPG)

loading...
Click to comment
To Top