Pawai Ta’aruf Keliling Desa Sambut 1 Muharram – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pawai Ta’aruf Keliling Desa Sambut 1 Muharram

BATANG – Menyambut datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1437 H, masyarakat Desa Wonokerso, Kecamatan Limpung, Kabupaten Demak, menggelar kegiatan yang cukup meriah dan bernuansa serba Islami. Dimotori oleh Kepala Desa Muhaimin dan Babinsa dari Koramil Limpung Pelda Suparlan keiatan ini sudah menjadi agenda rutin tahunan atau biasa disebut suronan.

Dimulai pagi acara dibuka dengan pawai ta’aruf keliling desa yang melibatkan semua warga. Warga berpakaian ala Timur Tengah dan juga Jawa, ada pula replika Kabah dan onta yang terbuat dari kayu. Ada juga yang mengusung tiruan nasi tumpeng raksasa mewakili kearifan budaya lokal sebagai tanda syukur tanpa menghilangkan nilai-nilai agamis.
Muhaimin sebagai kepala desa berusaha agar generasi muda di desanya berpikiran maju tetapi masih nguri-uri budaya dan adat lokal. Terbukti dengan upayanya menyediakan internet di balai desa dan mengajari remaja menggunakannya secara gratis agar penerusnya kelak tidak gaptek.
Kegiatan suronan kali ini pun dia menggandeng sponsor dari sebuah produsen obat terkenal sehingga menambah meriah acara. “Saya ingin anak-anak muda disini punya kegiatan positif dan bermanfaat. Untuk itu saya dan Babinsa serta Babinkamtibmas berusaha memberi contoh. Nanti tanggal 27 Oktober inshaa Allah kami akan mengadakan Nikah Gratis untuk warga Kecamatan Limpung. Siapapun boleh ikut,” lanjut Muhaimin.
Usai pawai penonton dan peserta dihibur musik khasidah lokal sambil menunggu acara utama yaitu pengajian lokal. Setelah shalat dzuhur acara dilanjutkan santunan kepada anak yatim yang berjumlah 15 orang. Kali ini Muhaimin mengetuk hati anggota DPRD II Batang untuk mengulurkan tangan memberi bingkisan dan uang.
Pengajian diisi oleh KH. Supandi dari Semarang yang memberi siraman rohani dan mengingatkan agar selalu mensyukuri setiap nikmat yang diberikan oleh-Nya sekecil apapun. Juga dinasehatkan agar umat muslim tidak takabur dan terpecah belah oleh ajaran tertentu yang menggunakan nama Islam tapi sesungguhnya menyesatkan. Kepada generasi muda Supandi wanti-wanti agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas dan menjauhi narkoba. (feb)

loading...
Click to comment
To Top