Polman Bangun RS Pratama di Desa Terpencil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Polman Bangun RS Pratama di Desa Terpencil

FAJAR.CO.ID, POLEWALI — Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) akan membangun Rumah Sakit Pratama bukan Rumah Sakit Tipe D.
Hal ini juga merujuk hasil review Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Barat untuk penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang nilai pembangunan RS Pratama mencapai Rp15 miliar. Dana tersebut bersumber dari DAK pusat.
Pembangunan RS Pratama itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Polman, akan menempatkan di Desa Ambopadang, Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar).
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polman, drg Nurwan Katta, mengatakan desa tersebut tergolong terpencil, sehingga penempatan RS Pratama itu bisa mendekatkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan. “RS Pratama dengan sepuluh tempat tidur ini bisa mengantisipasi kematian ibu hamil, jangan sampai terlambat ditangani. Begitu pun dengan pasien lainnya, makanya kita bangun di sana,” katanya.
Hanya saja, pembangunan itu membutuhkan lahan seluas satu hektare. Lokasi pembangunan tersebut, pemkab masih menunggu negosiasi dengan pemilik lahan. “Kita masih negosiasi soal lahan itu. Pemilik lahan sudah beri respons atau lampu hijau lahannya,” katanya.
Namun, soal anggaran pembebasan lahan tersebut dari dana DAK tidak terakomodasi, sehingga pemkab harus menyiapkan anggaran ganti rugi lahan. “Paling tidak pemda yang harus siapkan anggaran untuk lahan itu,” tuturnya.
Jumlah untuk nominal pembebasan lahan, Nurwan enggan membeberkan nilainya. “Kita masih negosiasi soal ganti rugi lahan, nilainya belum ditentukan,” tuturnya. (ham)

Click to comment
To Top