Serikat Pekerja Kecewa PHK di Maros – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Serikat Pekerja Kecewa PHK di Maros

MAROS, FAJAR.CO.ID — Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) kecewa atas sikap perusahaan PT Kurnia Batu Indah (KBI) yang merumahkan 21 karyawan. PT KBI via surat bernomor 02/KBI/EXT/IX/2015, tertanggal 28 September lalu memberhentikan ke-21 buruh tersebut,

Ketua KSPSI Maros, Muh Ridwan mengatakan perusahaan tidak memberikan kejelasan pada para buruh, apakah nantinya masih akan dipekerjakan atau tidak. “Banyak perusahaan yang merumahkan buruh. Tapi teman-teman di KBI saja yang berani melawan. Soalnya mereka dirumahkan tanpa batas waktu jelas,” ujarnya.

Apalagi, para buruh yang dirumahkan itu hanya mendapatkan upah 20 persen atau Rp360 ribu/bulan. Padahal gaji pokok mereka masih di bawah upah minimal provinsi (UMP) Rp1,8 juta. “Sementara mereka rata-rata buruh sudah berkeluarga. Upah mereka mana cukup,” keluhnya.

Padahal sebelumnya, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) menjamin tidak ada PHK di Maros. Kedua instansi itu mengklaim instens mengawasi perusahaan selama masa perlambatan ekonomi.

Kadis Koperindag Muh Syamsir berjanji pihaknya bersama Dinsosnaker memperketat pengawasan terhadap sekira 250 perusahaan di Maros. Ada tim gabungan yang dibentuk untuk memastikan perusahaan tidak seenaknya merumahkan karyawan.

“Bahkan jauh sebelum ada instruksi gubernur, ini telah lama dilakukan. Jadi kami sampaikan kepada para karyawan swasta, pekerja dan buruh untuk tidak khawatir,” tegasnya. (ris)

Click to comment
To Top