Status Bebas Bersyarat, Bawaslu Minta Imba Dicoret dari Calon Walikota Manado – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Status Bebas Bersyarat, Bawaslu Minta Imba Dicoret dari Calon Walikota Manado

FAJAR.CO.ID, MANADO – Para pendukung calon wali Kota Manado Jimmy Rimba Rogi pasti akan kecewa mendengar kesimpulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI terkait status calon wali kota yang diusung Partai Golkar, PAN dan PPP.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad mengatakan, Imba sapaan akrab Jimmy harus dieliminasi sebagai peserta pilkada Manado 9 Desember 2015. Alasan Muhammad Imba masih bebas bersyarat.

“Pendapat hukum Bawaslu bahwa yang bebas bersyarat itu belum memenuhi syarat,” ujarnya usai menggelar rapat koordinasi stakeholders‎ di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (13/10).

Dia pun menegaskan, tidak akan bergeser pada pandangan hukumnya.‎ Muhammad yang berbeda pendapat dengan Nasrullah mengaku telah menyurati Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menjalankan rekomendasinya. “Kami (Bawaslu RI) sudah menyurati KPU RI soal status Imba tersebut,” katanya.

‎Muhammad juga mengungkapkan, KPU RI telah mengirim surat kepada KPU Daerah (KPUD) setempat supaya rekomendasikan pendapat hukum Bawaslu. “Artinya, Imba tidak boleh diloloskan sebagai calon kepala daerah. Sebab, tidak terbukti bebas murni alias masih bebas bersyarat. KPU harus menjalankan rekomendasi itu,” paparnya.

‎Sebelumnya, kabar mengenai status majunya eks narpidana (napi) kasus korupsi 2008 di pilkada serentak 2015 terjadi kesimpang siuran. Lantaran, pihak Bawaslu menyatakan surat dari Kementerian Hukum dan HAM telah memenuhi syarat.

Kemudian, ditepis oleh pihak Bawaslu RI dan Sulut karena ada dua dokumen yang menyatakan Imba telah memenuhi sanksi subsidernya. Dan dokumen satunya, menyebut Imba masi dalam masa percobaan hingga 2017 . (rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top