TPA Barus Demak Vakum, Penanganan Sampah Disorot – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

TPA Barus Demak Vakum, Penanganan Sampah Disorot

DEMAK – Vakumnya TPA Barus, Kalikondang, Demak sejak Senin (5/10) lalu berakibat buruk pada penanganan sampah di wilayah sekitar Masjid Agung Demak. Dari pantauan Rakyat Jateng Rabu (14/10), sampah tampak ‘mungkruk’ di tempat pembuangan sampah sementera yang terletak di belakang Rutan Demak.

Salah satu warga sekitar yang enggan disebutkan namanya menjelaskan bahwa mungkruknya sampah tersebut sudah terjadi sejak satu mingguan yang lalu. Pihaknya mengeluhkan keberadaan sampah yang tampak tidak terurus tersebut. Dirinya juga khawatir jika sampah-sampah tersebut nantinya menyebabkan penyakit.
“Itu baunya busuk. Selain itu juga banyak lalat di situ. Takutnya nanti warganya pada kena penyakit kan bahaya,” terangnya saat ditemui di sekitar Rutan Demak. “Ya kami berharap agar sampah-sampah itu segera ditangani,” imbuhnya.
Salah seorang pemulung yang biasa memungut benda-benda bekas dari lokasi tersebut menjelaskan bahwa mungkruknya sampah terjadi sejak satu minggunan yang lalu. “Biasanya bersih di sini. Katanya kan sekarang dibuang ke Mranggen. Itu jauh. Jadinya ya tidak tahu sampai kapan begitu.”
Sementara itu, saat dikonfirmasikan kepada petugas dari Dinas Kebersihan Kabupaten Demak yang kebetulan sedang bertugas, menjelaskan bahwa pihaknya akan segera menangani sampah-sampah tersebut. “Ya, kan besok dibersihkan,” ujar dia.
Menurut data yang kami peroleh dari para warga sekitar, tempat pembuangan sampah sementara itu berasal dari beberapa kompleks perumahan di sekitar Rutan Demak. Dalam satu minggu, sampah-sampah yang dibiarkan mungkruk bisa sampai menghabiskan lahan sekira lima belas meter, dengan ketinggian sampah mencapai lima puluh centimeter. (sof)

To Top