39 Desa di Polman Ikut Pilkades Serentak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

39 Desa di Polman Ikut Pilkades Serentak

FAJAR.CO.ID, POLEWALI — Sebanyak 39 desa di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak. Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar telah menetapkan Pilkades digelar 12 Desember 2015.
Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), telah menyiapkan tahapan-tahapan untuk menyukseskan Pilkades serentak itu. Termasuk dari pembentukan panitia pilkades tingkat desa, hingga tim verifikasi ijazah calon kepala desa.
Kepala Sub Bidang Tata Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Miftah Farid, menjelaskan masing-masing panitia Pilkades tiap desa pun telah masuk dalam tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa. “Panitia membuka hingga 20 Oktober, usai itu berkas bakal calon akan diverifikasi,” katanya.
Berkas yang diverifikasi menurut Miftah, dimulai dari kartu tanda penduduk, hingga ijazah calon kepala desa ini. “Utamanya ijazah kita juga serahkan ke instasi terkait yaitu dinas pendidikan untuk verifikasi ijazah jangan sampai ada yang palsu, jika berkas tak memenuhi syarat kita bisa gugurkan,” ujarnya.
Tak hanya itu, jika ada desa yang lebih dari lima bakal calon kadesnya, panitia akan memberikan tes tertulis. “Di situ akan diuji dengan tes tertulis, sebab calon maksimal lima saja,” katanya.
Soal anggaran Pilkades sendiri, diperkirakan menelan anggaran hingga Rp975 juta. “Apalagi masing-masing 39 panitia Pilkades tiap desa ajukan dana yang rata nilainya Rp25 juta,” tutur Miftah.
Selain itu, terkait keinginan Bupati untuk mengetes sendiri Calon Kades, Miftah, belum bisa merinci teknisnya. “Soal teknisnya untuk tim pewancara, kita akan rapat untuk teknisnya, apalagi masih tahapan pendaftaran,” tuturnya. (ham/wik)

To Top