Akreditasi UIT- UVRI Dicabut, Kopertis di Mana’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Akreditasi UIT- UVRI Dicabut, Kopertis di Mana’

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Penonaktivan Universitas Indonesia Timur (UIT) dan UVRI oleh Dikti terus memunculkan dampak kurang menguntungkan bagi kedua perguruan tinggi swasta (PTS) tersebut. Ada kabar Badan Akreditasi Negara Perguruan Tinggi (BAN PT) sudah mencabut UIT dan UVRI. Pernyataan itu menanggapi pemberitaan wartawan tentang status akreditasi 18 kampus yanmgh dinonaktifkan tidak berada dalam situs BAN PT. “Kami belum cek itu. Kami belum tahu dan belum bisa memberikan komentar mengenai hal tersebut. Saat ini saya dan ibu koordinator masih di Medan mengikuti rapat. Nanti kami cek dulu,” ujar Sekretaris Pelaksana Kopertis IX Sulawesi, Dr Hawignyo via seluler, Kamis 15 Oktober.

Status akreditasi pada 18 kampus yang dinonaktifkan di Sulawesi Selatan ternyata sudah tak lagi tertera dalam situs BAN PT. Berdasarkan hasil penelusuran, cuma Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yapika yang ada dalam laman akreditasi BAN PT. Selain UIT dan UVRI, kampus lainnya, Institut Kesenian Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Al Gazali Soppeng, Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Tamalatea Makassar, STIKES Muhammadiyah Sidrap, Akademi Manajemen Perusahaan Makassar, Akademi Pariwisata YPAG Makassar, dan Akademi Pariwisata Dian Rana Rantepao. Kampus lainnya ASMI Yapika Makassar, Akademi Analis Kimia Yapika Makassar, Akademi Pertambangan Makassar, Akademi Teknik Otomotive Makassar, Akademi Keperawatan Pemda Sengkang, Akademi Kebidanan Graha Rabita Anugerah Kabupaten Luwu, Akademi Kebidanan Gunung Sari Makassar, dan Politeknik Internasional Indonesia Makassar.

Terpisah, Ketua Badan Koordinasi Perguruan Tinggi Islam Swasta (BKPTIS), Prof Dr Hj Masrurah Mochtar MA mengimbau para calon mahasiswa berhati-hati memilih perguruan tinggi. Imbauan ini menyusul banyaknya kampus yang Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT-nya) dinonaktifkan Kementerian Riset, Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). (rilis)

To Top