Hutan Pendidikan Terbakar Lagi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Hutan Pendidikan Terbakar Lagi

FAJAR.CO.ID, MAROS — Kawasan Hutan Pendidikan Unhas di Kabupaten Maros kembali terbakar, tepatnya di Dusun Bengo, Sabila, Kecamatan Cenrana, Kamis 15 Oktober.

Lurah Sabila, Ismail Majid, menyebutan, api sudah mulau terlihat sejak Rabu 14 Oktober. Lokasi titik api berada di sebelah utara tower PT Telkom, tidak jauh dari titik api kebakaran bulan lalu dan telah menghanguskan kurang lebih delapan hektare hutan.

“Informasinya kita terima dari laporan warga, hingga malam tadi, kami belum tahu penyebab kebakarannya apa,” kata Ismail.

Hutan Lindung Jadi Kebun Sementara itu, sekira 300 hektare hutan lindung di Desa Barugae, Mallawa beralih fungsi menjadi kebun. Warga lokal mulai merangsek ke kawasan hutan sejak beberapa tahun terakhir, membuat kawasan hutan lindung terancam rusak.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishut) Maros, M Nurdin menjelaskan, terdapat 150 kepala keluarga di Barugae menggunakan kawasan hutan lindung untuk berkebun sayur. Petugas dari Dishut telah mengingatkan warga hal itu, namun ditanggapi berbeda.

“Pemerintah memberikan kebijaksanaan sementara, namun lama kelamaan area itu semakin meluas sehingga masuk kedalam kawasan hutan lindung, jadi petugas kami meminta mereka tidak menanam disana,” jelasnya, Kamis 15 Oktober

Warga juga merasa tidak terima dilarang berkebun di kawasan itu, pasalnya mereka telah tempati sejak tahun 1981. Salah seorang warga, Dg Asse menyebut mereka memiliki bukti kepemilikan berupa Rincik dan Ipeda. “Apalagi berkebun sayur adalah mata pencaharian kami, kalau lahannya mau diambil tentu harus ada ganti rugi,” katanya.

Anggota Komisi III Hj Haeriah yang memantau situasi tersebut, mengaku prihatin. Dirinya berjanji melayangkan panggilan kepada pihak terkait. “Kami akan RDP dengan warga dan SKPD yang berhubungan. Kita akan minta keterangannya, kapan ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung,” janjinya. (ris/wik)

loading...
Click to comment
To Top