Ini Pemicu Bagal Versi Deng Ical – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ini Pemicu Bagal Versi Deng Ical

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melakukan deteksi penyebab meningkatnya angka kasus kejahatan jalanan alias begal dalam setahun terakhir. Salah satu yang diidentifikasi penyebab peningkatan angka Gini Ratio atau kesenjangan ekonomi di Kota Makassar.

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsul Rizal memaparkan berdasarkan data Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) diidentivikasi terjadinya begal di Makassar. “Ternyata Ratio Gini di Makassar cukup tinggi. Ini yang menyebabkan tingginya aksi begal di Makassar,” ujarnya dalam diskusi publik KNPI Makassar di Kopizone Jalan Boulevard Makassar, Kamis 15 Oktober.

Ketua PMI Makassar menambahkan, sebagai salah satu kota besar di Makassar, ketimpangan ekonomi yang terjadi di Makassar pasti terjadi. “Bukan hanya di Makassar saja, tapi di kota besar lainnya pasti terjadi ketimpangan ekonomi masyarakat. Ada gap antara masyarakat yang kaya dengan miskin,” paparnya.

Namun alasan meningkatnya kasus begal versi Deng Ical tersebut, terbantahkan dengan sejumlah kasus penangkapan yang dilakukan aparat kepolisian selama ini. Beberapa di antara pelaku, berasal dari keluarga mampu dan bermukim di perumahan elit. Jadi betulkan penyebab begal marak akibat masalah ekonomi? Atau ada penyebab lain. (jai)

loading...
Click to comment
To Top