Listrik Subsidi Belum Tepat Sasaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Listrik Subsidi Belum Tepat Sasaran

AMBON — Upaya pemerintah dalam memangkas biaya perekonomian masyarakat miskin, dengan subsidi listrik, rupanya belum sesuai harapan. Pasalnya tidak hanya masyarakat miskin yang menggunakan tetapi turut dinikmati masyarakat berpenghasilan lebih. Meski demikian, sejak dicanangkan tahun 2002, hingga kini belum ada kebijakan yang mengatur membatasan penggunaan listrik subsidi bagi pelanggan dengan perekonomian mapan.
Svp Humas PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Hairul Hatala, kepada wartawan mengatakan, listrik subsidi diperuntukan pada pemakaian daya 450 VA dan 900 VA, sedangkan pemakaian daya 1.300 VA ke atas tidak dikenakan subsidi listrik.
“Listrik subsidi itu kan hanya untuk pemakaian daya 450 VA dan 900 VA saja, sementara 1.300 VA ke atas tidak, tetapi bila ada pelanggan yang ingin pakai daya dibawah 1.300 VA, karena kebutuhannya sedikit misalnya 450 VA atau 900 VA, kami tidak bisa menolak meski pelangan itu Pegawai Negeri Sipil (PNS),” jelas Hatala.
Hingga saaat  ini, kata dia,  belum ada kebijakan bagi pelanggan yang mampu untuk tidak memakai listrik subsidi. Alhasil,   tidak ada batasan bagi pelanggan untuk memilih daya yang dipilih.  Nah, kata dia, langkah yang dilakukan hanya melakukan sosialisasi dan pendekatan secara persuasif agar listrik subsidi tepat  sasaran.
“ Ya, kami semua pegawai dan staff PLN, diberi tugas untuk mendekati tetangga masing-masing untuk menyosialisasikan hal ini, agar mereka mengerti bahwa listrik subsidi harusnya dinikmati oleh pelanggan yang kurang mampu saja,” ujarnya.
Selain itu, lanjut Hatala, pihaknya juga akan melakukan seminar, yang hasilnya nanti akan menjadi pedoman bagi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pemakaian listrik subsidi.(ARLIS)

loading...
Click to comment
To Top