Obat Daftar G Beredar Bebas di Majene – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Obat Daftar G Beredar Bebas di Majene

FAJAR.CO.ID, MAJENE — Peredaran obat-obatan keras masuk golongan daftar G tak hanya beredar di Kabupaten Polewali Mandar, akan tetapi juga mulai marak di Kabupaten Majene. Dinas Kesehatan Majene menemukan sejumlah kios atau toko-toko obat menjual obat-obatan masuk daftar G itu secara bebas. Sejatinya, obat daftar G harus dijual jika ada resep dokter atau apotek-apotek.
Kepala Dinas Kesehatan dr Hj Evawaty menjelaskan Dinkes membentuk tim gabungan untuk mengantispasi peredaran obat daftar G di Kabupaten Majene. “Apalagi dalam laporan masyarakat peredaran obat daftar G sudah menyebar di semua kecamatan di Majene,” ujarnya.
Keresahan iniah membuat tim gabungan terdiri dari Dinkes, Polres Majene, Dinas Perizinan, Satpol PP, melakukan razia di sejumlah kios atau toko obat di pasar sentral Majene. “Laporan masyarakat pil boje atau triheksifenidil obat untuk orang ganguan jiwa didapatkan di toko obat. Makanya, kita razia toko obat yang ada di Majene, akan tetapi hasilnya pil boje ini tidak ditemukan,” kata pada FAJAR, Rabu, 14 Oktober.
Meskipun begitu, Dinkes menemukan sejumlah toko obat ada memperjualkanbelikan obat-obatan masuk daftar G.”Banyak yang harus di jual toko obat, bahkan ada toko campuran pun juga obat, dan obat yang ditemukan masuk daftar G, sehingga obatan di sita dan diamankan di Polres, misalnya ada obat itu harus di jual terbatas, malah di jual di toko obat,” ujarnya.
Dinkes pun terus melakukan upaya pencengahan peredaran obat daftar G ini, apalagi rawan disalahgunakan. “Untuk apotek juga, kita itukan rutin kita pengawasan. Toko obat yang kita sasar untuk diperiksa karena laporan dari korban dari pil boje ini didapatkan dari toko obat. Makanya, kita tetap rutin lakukan razia,” ungkapnya. (ham/wik)
loading...
Click to comment
To Top