Peringatan.. Bupati Sinjai Kalah di PTUN – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Peringatan.. Bupati Sinjai Kalah di PTUN

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ini peringatan bagi pejabat dan penguasa. Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kelas I Makassar membatalkan putusan Bupati Sinjai, Sabirin Yahya yang menolak melantik kepala desa Era Baru Kecamatan Tellulimpoe, Baharuddin yang terpilih pada 27 Mei 2015 lalu.

Hal ini disampaikan tim kuasa hukum Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Sinjai, Irwan Muin di Warkop Sija usia mengikuti sidang putusan PTUN Makassar dipimpin Esay Ngefak didampingi Wahyu Djatmiko, dan Yusar (anggota).

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai semua kebijakan Bupati Sinjai yang menolak melantik Baharuddin bertentangan dengan UU 30 tahun 2014 pasal 5 tentang admistrasi pemerintahan.

“Hakim menilai langkah bupati Sinjai yang menolak pelantikan Burhanuddin yang memenangkan pemilihan kepala desa dengan meraih 615 suara melanggar UU 30 tahun 2014 pasal 53 sehingga putusanbBupati dibatalkan demi hukum,” ujar Kuasa Hukum BPD Sinjai, Irwan Muin.

Irwan mengaku bukan hanya penolakan pelantikan, PTUN juga menolak permintaan bupati dilakukan penghitungan ulang serta penunjukan Plt. Putusan PTUN juga meminta Bupati Sinjai melaksanakan putusan PTUN paling lambat lima hari setelah putusan. Juga segera melantik Baharuddin sebagai kepala Desa Era Baru kecamatan Tellulimpoe Bila dalam waktu yang telah ditentukan Pengadilan Bupati Sinjai Sabirin Yahya belum melantik maka pihak Kuasa Hukum BPD akan melakukan gugatan ganti rugi serta melaporkan bupati Sinjai kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kalau kurung waktu yang ditentukan dalam amar putusan PTUN belum dilaksanakan Bupati Sinjai, kita akan gugat kembali dan melaporkan ke Komisi ASN,” janji Irwan Muin. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top