Sekjen NasDem Masih Berani Korupsi, Logikanya Anggota Biasa Gimana? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Sekjen NasDem Masih Berani Korupsi, Logikanya Anggota Biasa Gimana?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (SIGMA) Said Salahudin menilai, peristiwa ditetapkannya Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai NasDem Patrice Rio Capella sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), merupakan sebuah dukacita yang mendalam. Karena memerlihatkan tidak semakin membaiknya sistem kepartaian di Indonesia.

“Kalau selevel pimpinan partai saja masih berani mendekati praktik korupsi, maka logika sederhananya apalagi bagi anggota partai yang tergolong sebagai kader biasa. Sistem kepartaian itu kan cenderung akan membaik jika pimpinan partainya bersih,” ujar Said, Kamis (15/10).

Menurut Said, ‎akibat dari kader partai yang bermental korup, memerlihatkan partai politik akan terus berkutat pada persoalan korupsi yang pada gilirannya partai tersebut hanya akan melahirkan kader-kader yang korup.

“Dalam konteks inilah saya ingin katakan kegagalan sistem kepartaian kita menjadi semakin nyata,” katanya.

Atas kasus ini, Said berpendapat KPK sebaiknya tidak berhenti kepada Sekjen partai berslogan restorasi itu saja, tetapi juga perlu mengembangkan penyelidikan dengan cara meminta keterangan dari pihak-pihak lain yang disebut-sebut mengetahui kasus tersebut, seperti Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi serta Jaksa Agung M Prasetyo.

“Soal kemungkinan keterlibatan Jaksa Agung ini saya kira perlu menjadi perhatian khusus dari KPK,” ujar Said.(gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top