Waspada Coblos Tembus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Waspada Coblos Tembus

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Mewanti-wanti suara pemilih tidak terhitung akibat kesalahan saat mencoblos seperti coblos tembus, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba memberikan contoh pencoblosan yang benar dengan menunjukkan contoh surat suara.

“Sayang kalau sudah ke TPS tapi karena pencoblosan tidak benar yakni coblos tembus sehingga suaranya tidak dihitung,” ujar Divisi Teknis Penyelenggara, Ambar Rusmita, Kamis 15 Oktober, di Kecamatan Ujung Bulu.

Seperti yang dijelaskan komisioner KPUD itu, sebelum dicoblos, pemilih sebaiknya membuka dengan sempurna kertas suara yang berukuran 34 cm X 52 cm tersebut. Kemudian mencoblos nomor urut sesuai dengan pilihan hati nurani. “Kalau terlipat begini bisa coblos tembus, meski sudah benar hanya satu nomor yang dicoblos tapi tidak terhitung,” katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk saling berpartisipasi dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi di Bulukumba.

Selain Ambar Rusmita, Divisi SDM dan Sosialisasi, Hasanuddin Salasa juga tampak dalam kegiatan itu. Hadir puluhan peserta dari kelomook pemuda, kelompok marjinal terpinggirkan, tokoh masyarakat, tokoh nelayan dan pengusaha rumput laut.

“Ini kami lakukan agar masyarakat bisa mengetahui memilih yang benar. Sebab, jika melihat dari pengalaman, banyak suara yang tidak sah karena masyarakat kurang mengetahui hal ini,” terangnya. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top