Data Tidak Valid, Serapan Anggaran Raskinda Rendah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Data Tidak Valid, Serapan Anggaran Raskinda Rendah

SOLO, RAJA – Anggaran beras untuk warga miskin daerah (raskinda) di Pemerintah Kota Surakarta pada APBD 2015 masih sekitar Rp1 miliar yang belum terserap, kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) pemkot setempat Kentis Retnawati.

“Tidak terserapnya anggaran tersebut karena sebanyak 2.715 dari keseluruhan 17.225 rumah tangga sasaran (RTS) tidak diketemukan di lapangan,” katanya di Solo, Kamis.

Berdasarkan data yang ada, lanjutnya, penerima Raskinda 2015 tercatat sebanyak 17.225 RTS. Namun setelah diverifikasi oleh petugas lapangan jumlah tersebut tinggal 14.510 RTS.

Ia mengatakan 2.715 RTS tidak ditemukan di antaranya karena meninggal dunia, nama ganda, dan sudah pindah tempat. “Kalau mereka itu pindah tempat tidak mungkin kami memberikan,” katanya.

Dikatakan berdasarkan hal tersebut anggaran untuk beras miskin menjadi sisa. “Sisa anggaran untuk pengadaan Raskinda 2015 ini dihitung kurang lebih Rp1 miliar. Sisa anggaran ini tetap berada di kas daerah,” katanya.

Kenthis mengatakan akan memverifikasi data penerima Raskinda 2016, karena banyak kesalahan data RTS penerima raskinda yang dimiliki dengan realita di lapangan. “Untuk perbaikan data itu kami akan melakukan verifikasi ulang sebelum membagikan raskinda di 2016,” katanya.

Ia mengatakan untuk melakukan verifikasi tersebut akan melibatkan kelurahan, RT dan RW setempat melakukan pendataan ulang. Langkah ini dilakukan agar penyaluran raskinda tepat sasaran. (in)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top