Horee…Lisdes PLN Jangkau Desa Terpencil Torut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Horee…Lisdes PLN Jangkau Desa Terpencil Torut

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembangunan jaringan Listrik Desa (Lisdes) dimaksimalkan PT PLN Persero Wilayah Sulselrabar.

General Maneger PT PLN Sulselrabar, Wasito Adi mengatakan, tahun ini pihaknya akan membangun jaringan lisdes pada beberapa daerah terpencil di Sulsel. Salah satunya di wilayah Toraja Utara, tepatnya di Desa Boking Kecamatan Rantebua.

Wasito bilang, sejauh ini masih ada sekira 18 persen desa di Sulsel belum terjangkau listrik. Utamanya pada daerah dengan medan yang sulit dijangkau.

“Ini program pusat. Targetnya pada 2019 mendatang, seluruh desa di Indonesia sudah bisa menikmati listrik,” kata Wasito, Jumat 16 Oktober.

Legislator DPRD Toraja Utara, Alexander Rantetondok mengapresiasi kinerja PLN. Menurutnya, memang masih banyak daerah di Toraja Utara yang belum tersentuh aliran listrik.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Afirin Nu’mang mengatakan, jika pusat menargetkan seluruh desa teraliri listrik 2019, maka khusus Sulsel ditargetkan 2016. Kata Agus, saat ini beberapa proyek pembangkit listrik tengah berproses pembangunannya sehingga seluruh kebutuhan listrik dapat terpenuhi.

“Listrik penting untuk menjangkau seluruh desa. Salah satu pemicu kemajuan suatu daerah adalah ketersediaan listrik,” kata Agus. (iad/wik)

Click to comment
To Top