Ini Penjelasan BWSS III Proyek Air Bersih Polman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ini Penjelasan BWSS III Proyek Air Bersih Polman

FAJAR.CO.ID, POLEWALI – Proyek Pembangunan Tampungan Air Baku Embung atau Bendungan Jaringan Baku di Sungai Lokko Desa Kalimbua Kecamatan Tapango di Kabupaten Polman ditolak warga setempat.

Warga khawatir jika proyek tersebut berjalan, ribuan hektare sawah terancam kering. BWSS III pun juga angkat bicara soal proyek Pengantar Air Baku ke Instalasi Pengelolaan Air (IPA).

Pejabat Pembuat Komitmen Penyedia Air Baku Sulbar, Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III, Arnold menjelaskan Pengantar Air Baku ke Instalasi Pengelolaan Air (IPA) menggunakan APBN untuk dinikmati masyarakat Polman.

“Proyek tersebut hanya menampung air saat musim hujan, dan pembangunanya pun masyarakat Polman untuk menyuplai air bersih di Kecamatan Wonomulyo, kalau jadi pun nanti akan diserahkan ke PDAM untuk dikelola,” katanya.

 

[NEXT-FAJAR]

Menurut Arnold proyek ini untuk mendukung nawacita yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. “Nilainya proyeknya mencapai Rp20 miliar, dan proyek ini pun tidak akan membuat sawah masyarakat menjadi kering, sebab semua unsur telah dipenuhi termasuk kajian lingkungan hidupnya.

Hasil kajian teknis debit andalan sungai Lokko 37,74 meter kubik perdetik, yang dimanfaatkan saat ini 12,80 meter kubik perdetik, sehingga masih ada surplus 24,94 meter kubik perdetik, proyek ini hanya menggunakan 0,15 meter kubik.

Namun, soal kelanjutannya akan diserahkan ke rapat paripurna DPRD, di situ juga dijelaskan secara detail soal proyek tersebut.

“Proyek ini sangat baik sebab kita juga pastinya akan memasang hidran air bersih di daerah itu, dan bahkan bisa dinikmati secara gratis oleh masyarakat sekitar bila terealisasi,” katanya. (ham)

 

loading...
Click to comment
To Top