Ini Penjelasan Dirjen Dikti Tentang Pencabutan Akreditasi Kampus Nonaktif – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Penjelasan Dirjen Dikti Tentang Pencabutan Akreditasi Kampus Nonaktif

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Berita tentang pencabutan izin akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) terhadap 20 kampus nonaktif bukan isapan jempol belaka.

Koordinator Kopertis IX Sulawesi dan Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PY) serta Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Jakarta tidak membenarkan atau tidak membantah.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti, Prof Dr Intan Ahmad menegaskan, selalu memantau baik website Dikti maupun website BAN PT. Selama ini tidak ada pencabutan akreditasi atau izin PTS di Sulsel yang dinonaktif PDPT.

Disebutkan penonaktifan PTS bertujuan pembinaan, tapi sampai pada tahap pencabutan izin atau akreditasi. “Untuk masalah pecabutan izin dan penonaktifan kampus di Ditjen Kemenristek Dikti, dan terkait pencabutan izin akreditasi kampus BAN-PT, setahu saya, hingga saat ini belum ada pencabutan izin.

 

[NEXT-FAJAR]

Baik izin Akreditasi kampus maupun izin penyelenggaraan perkuliahan kampus. Kita hanya pembinaan pada PTS tersebut, belum sampai pada ranah pencabutan izin,” tulis Dirjen Dikti Prof Dr Intan Ahmad melalui pesan singkatnya, Jumat 16 Oktober.

Kedua lembaga -Dikti dan BAN PT memiliki wewenang masing-masing dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. “Kita mau pendidikan tinggi baik, berjalan lancar, tanpa praktek ilegal atau instan yang merugikan masyarakat dan mahasiswa. Ini yang harus dihindari dan diberikan sanksi bagi PTS nakal yang melakukan praktik ilegal tersebut,” tuturnya.

Untuk status akreditasi BAN PT terhadap 20 kampus nonaktif di Sulsel, tidak dicabut izinnya. Selama ini proses belajar mengajar tetap jalan. “Hanya saja, PTS itu dinonaktifkan PDPT dan tidak boleh menerima mahasiswa dan tidak boleh gelar wisuda atau yudisium,” pungkasnya.

Sebelumnya, Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP menepis isu pencabutan akreditasi BAN-PT terhadap Universitas Indonesia Timur (UIT), Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) dan 18 kampus lainya di Sulselbar pascapenonaktivan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). (rilis)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top