Ketua PPATK Kuliah Umum di UMI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ketua PPATK Kuliah Umum di UMI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dr Muhamad Yusuf SH M, dalam lawatannya ke Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar memberi kuliah umum di ruang senat, Jumat 16 Oktober.

Dalam paparannya, Yusuf mengungkapkan selama menjabat sebagai Ketua PPATK telah menerima 300 ribu sampai 700 ribu laporan setiap hari. “Kami menerima, menganalilis dan mendistribusikan laporan berkisar 300 ribu sampai 700 ribu perhari dari masyarakat,” ujarnya.

Laporan yang masuk tersebut meliputi transaksi keuangan dari berbagai pihak serta penyalagunakan kewenangan untuk memeras dan kasus suap menyuap. “Laporan transaksi seperti tunai, baik sekali maupun berkali-kali serta laporan yang berkaitan dengan penyalagunaan kewenangan untuk memeras dan suap menyuap. Ini laporan yang diterima PPATK,” katanya.

Dia menambahkan, dengan banyaknya laporan yang masuk, PPATK berinisiatif membuat RUU pembatasan transaksi keuangan. “RUU pembatasan transaksi tunai untuk mengatasi penerimaan suap atau menyuap,” tambahnya.

 

[NEXT-FAJAR]

Rektor UMI diwakili Wakil Rektor 5, Prof Ma’ruf Hafis menuturkan, tujuan MoU sebagai penguatan terhadap kelembagaan kampus UMI Makassar untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di lingkup UMI Makassar.

“Ini tujuannya adalah untuk penguatan kelembagaan institusi UMI, untuk mengantisipasi terjadinya transaksi tindak pidana korupsi di lingkup UMI,” jelas Ma’ruf Hafis. (rilis)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top