Lahan Waduk Nipa-Nipa Segera Dibebaskan, Proyek Diharapkan Tak Terhambat Anggaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Lahan Waduk Nipa-Nipa Segera Dibebaskan, Proyek Diharapkan Tak Terhambat Anggaran

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Proyek waduk tunggu Nipa-Nipa masih menunggu kesiapan lahan. Proyek ini seharusnya dimulai tahun 2015, namun akibat belum siapnya lahan sehingga mulur tahun depan.

Biro Pemerintahan Umum (Bipemum) Pemprov Sulsel masih berusaha menyiapkan lahan seluas 90 hektare. Targetnya, tahun ini seluruh lahan bebas sehingga proyek sudah bisa dimulai tahun depan.

“Minggu depan kami akan turun lakukan pengukuran. Dari 90 hektare lahan yang dibutuhkan, 60 hektare masuk wilayah Maros dan sisanya 30 hektare itu wilayah Gowa,” terang Kabipemum Sulsel, Asmanto Baso Lewa saat ditemui di Kantor Gubernur, Jumat 16 Oktober.

Ia menambahkan, proyek waduk tunggu Nipa-Nipa ini sangat penting. Fungsinya, ketika musim hujan maka waduk ini akan menyimpak seluruh air. Selanjutnya, pada musim kemarau air bisa dilepaskan kembali untuk kepentingan lahan pertanian.

Proyek ini nantinya akan menggunakan anggaran dari APBN. Baik pembebasan lahan maupun pekerjaan fisiknya.

“Kalau lahan rampung tahun ini, maka fisik punya bisa diperkirakan rampung 2016. Ini tak butuh waktu lama karena hanya digali dan dibuatkan sistem jaringan waduk,” katanya. (Yusriadi)

Click to comment
To Top