Menteri Yuddy: Pemda Harus Belajar dari Yogyakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menteri Yuddy: Pemda Harus Belajar dari Yogyakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Apaatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menyarankan Pemda seluruh Indonesia belajar dari perjalanan perubahan tata kelola pemerintahan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta.‎

Pasalnya, Jogyakarta dinilai mampu memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi masyarakatnya. Ini dilihat dari kebersihan dan keamanan kota, sarana infrastruktur yang baik serta transportasi yang tidak semrawut.

Selain itu, sistem drainase yang tertata baik, dan perizininan yang tidak tebang pilih, cepat, mudah dan murah, serta kebutuhan lainnya.

“Penyelenggaraan tata kelola pemerintahan di DIY sudah baik. Selain itu,  pelayanan publik serta sistem demokrasinya,  Banyak pelajaran berharga yang bisa dipelajari dari daerah ini dalam menjalankan tata kelola pemerintahan,” kata Yuddy, Jumat (16/10).

Dia mengingatkan, perubahan harus dimulai dengan perilaku positif. Selama ini banyak kritik yang mengatakan bahwa PNS itu feuodal, malas, dan tidak disiplin. Karena itu, pimpinan harus memberi contoh melalui  keramahtamahan yang merupakan bagian dari revolusi mental. “Tersenyumlah pada saat ada orang. Jangan tersenyum sendirian,” tutur Yuddy.(esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top