Pelanggan PDAM Dibebani Rp 350 Ribu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pelanggan PDAM Dibebani Rp 350 Ribu

BULUKUMBA, FAJAR.CO.ID — Beban biaya Rp 350 ribu per rumah bagi pelanggan air yang menggunakan PDAM dipertanyakan warga. Pasalnya kebijakan tersebut dianggap sangatlah berat dan menyusahkan para masyarakat.  Permintaan uang tersebut rencananya untuk pemindahan pipa.

Salah seorang warga Desa Tugondeng Hamsing mengungkapkan, warga bukan hanya mengeluhkan mahalnya pembayaran tapi pelayanan PDAM di desanya juga tidak maksimal. Pasalnya, air dari PDAM sering tidak mengalir dan bahkan biasa airnya keruh. Hal ini diakui sangatlah berbanding terbalik dengan permintaan uang tambahan yang selalu tiba-tiba.

Menurutnya, banyak warga tidak ingin membayar biaya pemindahan ke pipa induk karena sudah membayar pada saat pemasangan sebelumnya. “Kan sudah membayar pada saat pemasangan, masa’ mau membayar lagi pada saat pemindahan, kenapa sebelumnya tidak dipasang langsung di pipa utama,” katanya Jumat 16 Oktober.

Direktur PDAM Bulukumba, Samsuri mengungkapkan, pemindahan pipa yang akan dilakukan pihak lapangan PDAM di Desa Tugondeng sebenarnya tidak ada pungutan apalagi sampai membayar hingga Rp 350 ribu.

Menurutnya, hal tersebut hanya biaya perbaikan pipa jika nantinya dilakukan pemindahan oleh pihak lapangan. “Sebenarnya bisa dilakukan kesepakatan antara warga dan pihak lapangan PDAM soal biaya pemindahan pipa. Namun biaya tersebut tidak akan masuk ke kas PDAM karena tidak ada aturan terkait hal tersebut,”terangnya.

Dia berharap ada maksimalisasi pelayanan dilapangan oleh pihak lapangan PDAM sehingga bisa mewujudkan program yng dicanangkan dari pusat yang maksimalisasi pelayanan sanitasi air bersih pada 2019 mendatang. Selain itu, warga dan pihak lapangan juga harus ada kesepahaman terkait pemindahan pipa supaya akses air bersih bisa dinikmati dengan baik. (taq)

loading...
Click to comment
To Top