Sayangi Paru-paru Anda dengan Berhenti Merokok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Sayangi Paru-paru Anda dengan Berhenti Merokok

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Fakta membuktikan rokok dapat merusak dalam tubuh. Asap rokok akan langsung diserap oleh pembuluh darah dan mengalir ke seluruh tubuh hanya dalam waktu sepersekian detik. Hal Ini membuat penyerapan glukosa dalam tubuh terhambat.

Sebaliknya, berhenti merokok tentu akan mengembalikan fungsi organ. Seperti apa efeknya? Spesialis Paru RS Wahidin Sudirohusodo dr Harun Iskandar SpP (K) SpPD K-P menjelaskan bahwa berhenti merokok adalah tindakan terbaik untuk hidup lebih sehat.

Kendati demikian, sangat tidak mudah, orang yang lama merokok lalu berhenti harus melakukan upaya ekstra. Sebab, satu bulan pertama, perokok akan mengalami beberapa kejadian seperti susah konsentrasi, pusing dan sakit kepala. Beberapa bahkan mengalami batuk. Inil, kata Konsultan Paru ini bagian gejala ketergantungan.

“Ini tidak lama, mungkin satu bulanan lalu efek positifnya akan berasa,” katanya. Namun, jika masa tersebut dilalui dengan baik, secara berangsur mantan perokok akan menjadi lebih fit, nafsu makan membaik, dan berat badan naik. Adar tidak muncul penyakit baru maka harus menjaga badan agar naiknya tidak drastis.

Efek positif lainnya adalah menjadi mudah konsentrasi dan paru lebih sehat. Sebuah penelitian menurut dokter yang Februari lalu meraih gelar doktornya ini bahwa ketika merokok menurunkan fungsi paru, setelah berhenti fungsinya kembali membaik. Berhenti merokok juga membuat risiko jantung lebih rendah karena rokoklah penyebab terbanyak penyakit cardiovascular.

loading...
Click to comment
To Top