Warga Polman Tolak Proyek Air Bersih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Warga Polman Tolak Proyek Air Bersih

FAJAR.CO.ID, POLEWALI – Proyek Pembangunan Tampungan Air Baku Embung atau Bendungan Jaringan Baku di Sungai Lokko Desa Kalimbua Kecamatan Tapango di Kabupaten Polman dihentikan sementara.

Apalagi warga setempat masih ngotot menghentikan proyek pengantar air baku (PAB) ke instalasi pengelolaan air (IPA) dengan pemasangan pipa aliran untuk kapasitas 25 liter perdetik dari 10 liter perdetik. Warga masih khawatir jika proyek tersebut berjalan mengancam pengairan ribuan hektare sawah.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) meninjau lokasi pembangunan proyek bersama Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) III, Dinas PU, Dinas Pertanian, Balai Lingkungan Hidup, PDAM, namun hasilnya tetap nihil, warga tetap menolak proyek tersebut dilanjutkan.

Ketua Gabungan Petani Perkumpulan Pemakai Air Kecamatan Tapango, Hambar, mengatakan masyarakat secara keseluruhan menolak proyek tersebut. “Kalau mau dilanjutkan jangan di Kalimbua, sebab ini bisa mengancam sawah-sawah petani,” katanya.

 

[NEXT-FAJAR]

Soal penyegelan oleh masyarakat menurut Hambar, diakui sebab dampak dari pembangunan ini masyarakat yang merasakan dampaknya.

Ketua Komisi II DPRD Polman, Abu Bakar menjelaskan warga masih tetap menolak pembangunan proyek tersebut, bahkan menyegel pipa proyek.

“Masyarakat juga tidak ingin mendengar penjelasan dari baik BWSS, maupun dari BLH, sehingga soal proyek tersebut kita akan bawah ke rapat paripurna soal nasib proyek tersebut,” ujarnya. (ham)

 

loading...
Click to comment
To Top