Waspada! Begini Modus Baru Penipuan Soal Undian Pegadaian – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Waspada! Begini Modus Baru Penipuan Soal Undian Pegadaian

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Humas PT Pegadaian Basuki Tri Andayani meminta masyarakat untuk lebih berhati-hati. Pasalnya, saat ini beredar penipuan dengan modus undian Pegadaian palsu.

Modusnya yang digunakan adalah dengan mengirimkan pesan pendek (SMS) kepada masyarakat secara acak yang memberitahukan bahwa penerima mendapatkan undian berhadiah dari PT Pegadaian.

Selanjutnya mereka diminta melakukan konfirmasi ke website undianpegadaian.weebly.com. Para calon “pemenang” juga harus melakukan konfirmasi ke nomor telepon tertentu. “Kemudian penerima diminta melakukan transfer sejumlah uang untuk membayar pajak dan biaya administrasi,” ujar Andayani di Jakarta, Jumat (16/10).

Dia menegaskan, undian Pegadaian yang memungut biaya pada pemenang tidak benar dan merupakan tindakan penipuan. “PT Pegadaian tidak mempunyai program undian dengan memungut biaya kepada masyarakat. Masyarakat harap waspada dan melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila dirugikan,” tutur dia.

Program hadiah yang diberikan oleh Pegadaian yakni berupa Program Kemilau Emas yang diundi setiap 3 bulan atau 4 kali dalam setahun. Di situ para pemenang tidak dikenakan biaya apapun karena pajak dan administrasi ditanggung oleh Pegadaian.

Selain itu, pengundian poin dilakukan secara terbuka di hadapan notaris, pejabat Kemensos RI dan pejabat kepolisian. Para pemenang diumumkan di website resmi pegadaian.co.id, media sosial, poster dan dipublikasikan melalui media cetak. “Undian Kemilau Emas Pegadaian tahap III tahun 2015 akan dilaksanakan pada 12 November 2015,” pungkasnya. (chi/jpnn)

To Top