ICW tak Puas dengan Peforma Pemberantasan Korupsi Jokowi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

ICW tak Puas dengan Peforma Pemberantasan Korupsi Jokowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jelang satu tahun pemerintahan, Presiden Joko Widodo harus mengevaluasi semua programnya yang tertuang dalam nawacita, termasuk soal agenda pemberantasan korupsi.

Begitu kata Aktivis Indonesia Corruption Watch ICW Emerson Yuntho dalam sebuah diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (17/10). Emerson mengaku pihaknya tidak puas dengan performa pemberantasan korupsi yang dilakukan Jokowi.

“Kita katakan, kita sendiri tidak puas dengan performa pemberantasan korupsi di tahun pertama Jokowi. Jadi evaluasi ini kita harapkan akan menjadi lebih baik ke depan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Emerson mengusulkan tiga solusi kepada pemerintah agar agenda pemberantasan korupsi berjalan sesuai dengan yang diharapkan kebanyakan masyarakat.

“Pertama, dia (Presiden Jokowi) harus keluar dari bayang-bayang partai politik dan kepentingan partai politik,” kata Emerson.

Hal ini menurutnya, demi mendorong Jokowi agar lebih otonom dan independen dalam proses pengambilan keputusan, termasuk keputusan untuk agenda pemberantasan korupsi.

Kemudian yang kedua, Jokowi harus memprioritaskan program pemberantasan korupsi dalam pemerintahannya.

Sementara yang terakhir, Presiden Jokowi juga harus menunjuk staf khusus bidang pemberantasan korupsi.

“Kenapa ini penting? Agar ada unit khusus yang bicara mengingatkan kepada Jokowi soal komitmen pemberantasan korupsi dan penegakkan hukum. Kalau tidak, nanti lupa-lupa terus. Itu agar pemberantasan korupsi lebih cepat dan lebih baik,” pungkasnya. (ian/rmol)

loading...
Click to comment
To Top