Jepang Berikan Bantuan untuk Atasi Asap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jepang Berikan Bantuan untuk Atasi Asap

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –  Pemerintah bakal menerima bantuan dari negara Jepang dalam upaya mengatasi kabut asap yang melanda Kalimantan dan Sumatera.

“Jepang akan memberikan bantuan bahan kimia berupa fire extinguisher berbentuk foam agent sebanyak tiga ton,” kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Jumat malam (16/10).

Dia menjelaskan, pengiriman bantuan dilakukan dua kali yaitu masing-masing 1,5 ton pada 17 dan 19 Oktober. Japan International Cooperation Agency (JICA) akan menyerahkan kepada BNPB di Palembang pada 17 Oktober.

“Rencana bahan kimia ini akan digunakan untuk water bombing dengan pesawat dari Indonesia untuk memadamkan api. Indonesia telah menggunakan bahan kimia yang ramah lingkungan sebanyak 60 ton,” jelas Sutopo.

Dia menambahkan, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut bantuan dari negara lain seperti Rusia, Tiongkok, Korea, dan Thailand yang sebelumnya menyatakan akan memberikan bantuan. Kementerian Luar Negeri juga masih terus menjajaki perihal bantuan tersebut. (wah/rmol)

loading...
Click to comment
To Top