Jepang Punya Zat Kimia yang Bisa Padamkan Kebakaran Hutan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Jepang Punya Zat Kimia yang Bisa Padamkan Kebakaran Hutan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bantuan asing terus datang. Beberapa negara itu ikut berupaya menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera dan Kalimantan. Yang terbaru adalah bantuan dari Jepang. Bantuan Jepang lain dari yang lain. Mereka bukan membantu dengan mengerahkan beberapa pesawat pemadam kebakaran, tapi bantuannya berbentuk cairan kimia yang mampu memadamkan api.

Bantuan tersebut secara resmi diserahkan Duta Besar Jepang untuk RI Yasuaki Tanizaki kepada Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, Jumat kemarin (16/10).

Menurut Yasuaki, cairan yang disebut miracle foam a+ itu cukup ampuh untuk memadamkan api di hutan dan lahan yang terbakar.

Nah, total cairan yang dikirim sebanyak 2 ton. Tak hanya memberi cairan, Jepang juga mengirimkan sejumlah tenaga ahli untuk menggunakan produk tersebut.

“Kami sangat berterima kasih terhadap Jepang terkait bantuan ini. Karena bukan hanya mengirimkan produk, tenaga ahli pun ada untuk memastikan efeknya maksimal. Ini membuktikan eratnya hubungan Indonesia dan Jepang,” terang Fachir di Jakarta kemarin.

Yasuaki menambahkan, cairan tersebut terdiri atas 100 paket yang berisi masing-masing 20 liter. Satu paket miracle foam a+diperkirakan bisa memadamkan api di lahan seluas 1.000 meter persegi.

Dengan demikian, total bantuan yang disalurkan ditargetkan bisa memadamkan 100 ribu meter persegi lahan yang terbakar. “Zat tersebut akan tiba di Indonesia Sabtu (hari ini, Red). Namun, tim ahli berangkat lebih dahulu malam ini (tadi malam, Red) untuk berkoordinasi di lapangan,” imbuhnya. (bil/mia/c6/nw)

loading...
Click to comment
To Top