LPTK Perlu Terlibat dalam Seleksi Kepsek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

LPTK Perlu Terlibat dalam Seleksi Kepsek

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pelbagai program dalam meningkatkan kualitas guru dibahas dalam Workshop Perencanaan Bisnis Strategi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)  yang digelar di Hotel Swiss Bell In Makassar, Sabtu 17 Oktober.

Salah satu peserta, Alimin, yang merupakan Kabid Kurikulum Dikpora Pinrang, menyebutkan beberapa program yang diusulkan agar bisa dikerjasamakan dengan sejumlah Universitas, yang menjadi LPTK.

“Misalnya seleksi calon kepala sekolah, pelatihan calon kepala sekolah, dan pelatihan pengawas. LPTK juga perlu dilibatkan pada kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), hingga pengembangan dan pengelolaan laboratorium dan perpustakaan,” jelas Alimin.

Sedangkan Seksi Mapenda Kemenag Bantaeng, H. Baidawi, menawarkan kerjasama untuk pelatihan K13 untuk guru Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), administrasi dan model pembelajaran, pemberdayaan KKG/MGMP dan Pelatihan Operator Sekolah.

Menurut Jamaruddin, Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sulawesi Selatan, salah satu tantangan kerjasama ini adalah LPTK harus mampu menyediakan tenaga-tenaga yang berkelas di bidangnya, “LPTK harus mampu menyediakan tenaga yang sesuai dengan kebutuhan daerah,” ujarnya.

Ada enam  LPTK yang memproduksi guru yang hadir dalam workshop, yaitu  UIN Alauddin,  UNM, Universitas Cokroaminoto Palopo, IAIN Palopo, Universitas Muhammadiyah Parepare, dan Universitas Muhammadiyah Makassar. Workshop tersebut diinisiasi Usaid Prioritas.(sbi/wik)‎

loading...
Click to comment
To Top