Mungkinkah Membakar Lemak Saat Tidur? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mungkinkah Membakar Lemak Saat Tidur?

FAJAR.CO.ID – Membakar lemak saat tidur tentunya terdengar too good to be true, tapi ada loh makanan tertentu yang mengandung bahan-bahan yang memicu metabolisme dan meningkatkan peluang penurunan berat badan.

Anda tidak percaya, berikut ini beberapa makanan yang justru bisa membantu membakar lemak sebelum tidur.

1. Hot Peppers

Jalapenos, habaneros, saus panas dan cabai adalah teman yang baik saat Anda sedang berdiet. Bahan kimia panas yang terkandung dalam capsaicin membantu membantu membakar lemak juga.

Capsaicin bekerja dengan membalikkan metabolisme dan menyebabkan denyut jantung meningkat. Mengonsumsi makanan ringan sebelum tidur dari sayuran mentah yang dicelupkan ke dalam salsa pedas memberikan dosis yang baik dari panas untuk membakar kalori.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti oatmeal, roti gandum dan sereal multigrain membantu membakar lemak karena kemampuan mereka untuk mengatur gula darah. Lonjakan insulin yang disebabkan oleh karbohidrat olahan memberitahu tubuh bahwa sudah waktunya untuk mulai menyimpan lemak. Biji-bijian juga menjaga insulin tetap stabil.

3. Protein

“Tubuh kita membakar lebih banyak kalori yang dihasilkan dairi protein dibandingkan karbohidrat atau lemak. Protein juga menjaga kadar gula darah tetap normal,” kata Direktur Nutrisi di Miami Research Associates, Doug Kalman, RD, seperti dilansir laman Ehow, Kamis (15/10).

Dada kalkun adalah sumber protein yang baik tanpa lemak, tapi tuna atau salmon bahkan lebih baik. Ikan ini mengandung omega-3 asam lemak, yang membantu mencegah zat kimia berkontribusi terhadap penyimpanan lemak. Omega-3 juga mengubah tingkat leptin, hormon yang membantu metabolisme membakar kalori bukan menyimpan mereka sebagai lemak.

Bubuk protein penuh asam amino juga membakar lemak. Tambahkan 2 sdt Smoothie buah-atau berbasis susu sebelum Anda tidur. Telur menyediakan sumber protein yang murah dan sarat dengan vitamin B12, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memetabolisme lemak.

4. Susu

Susu merupakan sumber protein yang baik dan kadar kalsium tinggi memberikan dorongan pembakaran lemak dengan memecah lemak dan mungkin mencegah dari pembentukan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Tennessee menemukan bahwa orang yang mengonsumsi antara 1.200 dan 1.300 mg kalsium per hari kehilangan hampir dua kali lebih banyak berat badan mereka daripada mereka yang mengonsumsi kalsium yang lebih rendah.

5. Teh Hijau

Reputasi teh hijau sebagai minuman pembakar lemak berasal dari dosis berat antioksidan yang dikandungnya yang mempercepat metabolisme. Untungnya bagi mereka yang suka ngemil sebelum tidur, minum teh hijau tanpa kafein mengandung banyak antioksidan seperti versi berkafein.

Sebuah studi yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa selama periode 24 jam, polifenol catechin yang ditemukan dalam teh hijau meningkatkan tingkat metabolisme sebesar 4 persen.(fny/jpnn)

To Top