‘Semua Maskapai Pasti Salahkan Tuhan’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

‘Semua Maskapai Pasti Salahkan Tuhan’

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bisa menebak alibi awal para maskapai bila armadanya mengalami kecelakaan pesawat. Kebanyakan maskapai, kata Jonan, pasti akan menyalahkan Tuhan, karena kecelakaan pesawat termasuk bencana yang sulit diprediksi.

“Kalau (ada pesawat, red) jatuh, semua airline pasti menyalahkan Tuhan. Pasti alasannya nyalahin cuaca. Kalau pada nyalahin masalah cuaca, ya bubarin aja sekalian penerbangan,” tutur Jonan di kantornya, Jakarta, Jumat (16/10).

Terkait cuaca, menurut Jonan, setiap maskapai yang hendak terbang harus melihat kondisi cuaca lokasi atau rute yang akan dituju sehingga kemungkinan adanya masalah cuaca setidaknya bisa diminimalisir.

Kalaupun kecelakaan pesawat terjadi karena murni masalah cuaca, penyebab tersebut nantinya bisa diketahui dari hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

“Kondisi cuaca kan harus selalu dipantau setiap saat. Hasil akhirnya tetap menunggu dari pemeriksaan KNKT. Nanti kan akan ketahuan,” tukas mantan bos KAI ini.(chi/jpnn)

To Top