CCBC Gelar Pojok Kuliner Ragam Nusantara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

CCBC Gelar Pojok Kuliner Ragam Nusantara

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-–Semua berawal dari kesamaan hobi, suka memasak, suka membuat kue. Hingga mereka sepakat untuk membentuk suatu komunitas dengan nama Celebes Cooking and Baking Community (CCBC).

Komunitas ini terdiri dari berbagai kalangan ada dari ibu rumah tangga, professional, praktisi, akademisi. Saat ini member berjumlah 155 orang, yang tersebar di kota Makassar, Parepare, Palopo, Jakarta, Semarang, Soroako dan Yogyakarta.

Dalam komunitas ini, selain arisan ada banyak kegiatan, contohnya baking class, cooking demo, Latihan bareng (latbar), digital marketing class, food fotography yang khusus dibuat untuk member. Sementara event lainnya adalah mengikuti seminar yang diadakan oleh Dinas Koperasi, Dinas Pariwisata.

Visi CCBC menjadi wadah komunitas terbuka, tempat berkumpulnya pengusaha dan pecinta kuliner di Sulawesi, khususnya Makassar. Misinya adalah menyatukan pengusaha dan pecinta kuliner, berbagi informasi seputar kuliner, mendorong entrepreneurship di bidang kuliner.

“Beberapa hal yang menurut kami perlu bantuan dari pemerintah yaitu, pelatihan tata cara membuat PIRT, sertifikat halal, pembuatan Haki, Pembuatan Kemasan, Proses Produksi, dan lainnya.

Karena itulah Sabtu 17 Oktober lalu, CCBC  mengadakan Pojok Kuliner (PJK 2015) di Inkubator UNM, samping SD IKIP, Jl. AP Pettarani, Makassar,” kata Rhanty Kesumaningrum selaku Ketua CCBC seperti dalam rilis diterima redaksi, Minggu 18 Oktober.

Kegiatan mengangkat tema Spektrum Kuliner Nusantara. Menu-menu yang ditawarkan memang sangat representative ragam menu khas Indonesia yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih menarik, inovatif, dan modern, tetapi tetap mengedepankan kualitas.

[NEXT-FAJAR]

Penjualan sebelum hari H, para member memasarkannya di social media. Animo masyarakat sangat baik, terbukti beberapa blok kupon sudah habis terjual, sebanyak 1. 350 lembar. Belum lagi penjualan di tempat.

Contoh aneka kue yang  di pasarkan duri duriang, samosa, mpek mpek, rujak cireng, katiri sa’la, black burger, getuk dan masih banyak lagi. Sedangkan makanan berupa ayam betutu, dangkot bebek, nasi bakar, siomay, juku kambu dan masih banyak lagi.

Ryank menambahkan, beberapa acara  di isi dengan cooking demo, makanan khas Makassar yaitu Pallu Kaloa, Kepala ikan kakap da sarabba oleh Fitri, Indri dan Chef Yusuf. Lanjut Ryank, diikuti dengan baking demo, kue cubit, bana chiz, dan butter cookies almond bersama Chef Andik.

Juga  ada Lomba Plating (penataan) misteri box khusus member, lomba food fotography, dan masih banyak lainnya.
Acara di buka oleh Bapak Wawali syamsu rijal, di awali dengan sekapur siri. Lalu yang uniknya, pembukaan bukan menggunting pita, bukan pemukulan gong. Tapi pemukulan wajan. (fajar.co.id)

Click to comment
To Top