Panwaslu Temukan 1.789 DPT Bulukumba Bermasalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Panwaslu Temukan 1.789 DPT Bulukumba Bermasalah

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bulukumba, berhasil menemukan 1.789 Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah. Data itu berdasarkan hasil pencermatan dan rekap Panwascam dari sepuluh kecamatan di daerah ini.

Kesalahan tersebut belum temasuk 28 pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak terdaftar, lima pemilih berubah jadi TNI dan Polri, serta satu belum cukup umur bersyarat.

Divisi Pengawasan Panwaslu Bulukumba, Ambo Radde mengatakan, hasil fokus pencermatan yang dilakukan pihaknya di lapangan telah dimasukkan sejak 14 Oktober, namun rekapnya baru rampung pada 15 Oktober, malam.

Data tersebut telah direkomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba dalam bentuk by name dan by address, sebagai bahan pencermatan untuk ditindaklanjuti.

“Datanya disampaikan ke Bawaslu kemudian direkomendasikan ke KPUD untuk mencermati kembali DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang telah diplenokan pada awal bulan,” ujarnya, Minggu 18 Oktober.

Menurut pria yang berdomisili di Desa Lonrong, Ujungloe, DPT merupakan roh dari Pemilukada sehingga pihaknya melakukan pencermatan harus faktual. Hasil pengawasan dengan teliti oleh Pawascam dan PPL desa/kelurahan diharapkan dapat menjadi acuan untuk ditindaklanjuti penyelenggara. (taq)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top