62 Kelompok Ikuti Petualangan Pemuda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

62 Kelompok Ikuti Petualangan Pemuda

PURBALINGGA, RAJA – Dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2015, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga menggelar Lomba Petualangan Pemuda. Sejumlah 62 group/kelompok dari unsur pemuda andil dalam kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Purbalingga di Lapangan Desa Onje Kecamatan Mrebet, Minggu (18/10).

“Lomba yang diikuti 62 grup/kelompok serta masing-masing kelompok jumlahnya delapan orang, semuanya dari unsur pemuda. Mulai dari organisasi kepemudaan, Karang Taruna, pecinta alam pramuka dan lain sebagainya,” terang Kepala Dibudparpora Kabupaten Purbalingga Subeno, saat menyampaikan laporan kegiatan pada pembukaan Lomba Petualangan Pemuda Tahun 2015 Kabupaten Purbalingga.

Menurut Subeno, peserta lomba akan menempuh rute/jalur  sebanyak lima pos yang diawali dari Sungai Klawing. Semua peserta tanpa kecuali akan menyeberangi Sungai Klawing dengan dipandu oleh tim. “Pada pos pertama semua peserta akan menyeberangi Sungai Klawing yang dipandu oleh tim untuk pengamanan. Pos selanjutnya di Segara Wulung Desa Tangkisan, pos ketiga di SDN Sindang, pos keempat Desa Banjaran dan pos terakhir di Dukuh Mesir Desa Onje,” tuturnya.

Kemudian, kata Subeno, peserta selain mengikuti jalan berpetualang, di setiap pos akan diberikan semacam tes tentang wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, penguasaan terhadap lagu wajib, pengusaan terhadap budaya daerah serta  pariwisata daerah. “Dan  pada pos terakhir di Dusun Mesir akan dilaksanakan tes fisik yaitu seluruh peserta harus merayap. Dalam lomba ini, panitia menyediakan total hadiah Rp3.250.000 ditambah piala dan piagam,” jelasnya.

Subeno menandaskan, kedepan kegiatan semacam ini akan menjadi agenda rutin oleh Dinbudparpora dalam rangka untuk mengembangkan generasi muda dengan pendekatan komprehensif yang bukan hanya melakukan petualangan. “Namun kedepan kegiatan semacam ini juga diberikan pengetahuan penguasaan dalam bidang pariwisata, pemuda juga bidang keolahragaan dan sebagainya,” tandasnya.

Penjabat Bupati Purbalingga Budi Wibowo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinbudparpora. Hal tersebut yang sudah menginisiasi memotivasi pemuda juga merupakan kegiatan prospektif. “Saya yakin kegiatan seperti ini akan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, hal ini nampak dari jumlah peserta yang cukup banyak. Mudah-mudahan kegiatan semacam ini terus berlanjut pada tahun ini dan seterusnya serta menjadi kegiatan rutin ketika menjelang Sumpah Pemuda,” pintanya.

Budi menambahkan, kegiatan semacam ini diharapkan dapat memberikan inspirasi serta motivasi kepada generasi muda untuk bagaimana berperan kepada bangsa  dan Negara. “Dengan kegiatan semacam ini pemuda diharapkan memebri inspirasi dan motivasi sehingga pemuda tidak hanya memikirkan dirinya sendiri. Akan tetapi pemuda juga mampu dalam menghadapi atau menghindari  ancaman yang ada di sekitar kita baik ancaman regional maupun iternasional. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menghantar dan mengarahkan generasi muda secara keseluruhan untuk ikut berperan dalam pembangunan serta ikut mendarmabaktikan kepada masyarakat, lingkungan dan Negara. Apabila ini semua dilaksanakan, maka lengkaplah sudah apa yang dilaksanakan oleh pemuda seperti yang dicita-citakan oleh pendiri bangsa ini,” ujarnya. (pn)

Click to comment
To Top