Aduh… Hutan Pinus Maros Terbakar Lagi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Aduh… Hutan Pinus Maros Terbakar Lagi

FAJAR.CO.ID, MAROS — Hutan Benteng Kecamatan Camba Maros dilaporkan terbakar, sore ini, Senin 19 Oktober. Kebakartannya masih terus berlangsung sampai sekarang.

Kepala Dinas Kehutanan Maros, Muh Nurdin menyebutkan, saat ini tim i Dinas Kehutanan sudah berusaha untuk memadamkan api. Meski demikian SKPD belum bisa memastikan luas hutan yang terbakar.

Nurdin menuturkan, kawasan Benteng merupakan hutan lindung yang didominasi pohon pinus dan bambu. “Saat ini kami masih berupaya memadamkan api. Pemadaman itu dibandu warga sekitar. Sementara anggota tim berjumlah 11 orang mendapat bantuan BPBD Maros,” ujarnya.

Dengan kondisi cuaca seperti sekarang, kebakaran hutan memang sangat rawan terjadi. Selama kurun waktu tiga bulan ini, ada beberapa titik lokasi kebakaran hutan yang terjadi. Beruntung kebakaran itu jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak ada warga yang terkena dampaknya.

“Ini merupakan kali kesekian kebakaran hutan yang terjadi dalam kurun waktu tiga bulan. Sebelumnya terjadi di hutan Tompobulu, Bonto Somba dan Hutan terbesar yang pernah terjadi adalah kebakaran di hutan pendidikan, yang cakupan luasnya mencapai 60 hektare,” katanya.

Dia menambahkan, kondisi alam yang memang cukup tinggi, tapi ada juga memang dilakukan karena kelalaian manusia. Tingkat kerawanannya tidak sampai mengkhawatirkan, karena struktur tanahnya padat. Sehingga sangat mudah untuk dipadamkan. (ris)

Click to comment
To Top