Bangunan 400 Tahun Era Kolonial Ditemukan Setelah Air Surut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Bangunan 400 Tahun Era Kolonial Ditemukan Setelah Air Surut

FAJAR.CO.ID, MEKSIKO – Belum lama ini, sebuah bangunan tua, era colonial ditemukan di Meksiko setelah air sungai Grijalva surut. Sungai tersebut terletak di Chiapas, selatan Meksiko.

Surutnya sungai tersebut hingga sampai pada level yang sekarang seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Hal ini disebabkan kemarau panjang yang melanda negara tersebut selama satu tahun belakangan. Volemu air sungai bahkan berkurang hingga 82 kaki.

Sementara itu, bangunan colonial yang timbul di tengah sungai Grijalva tersebut diduga merupakan sebuah gereja. Dibangun oleh sekelompok biarawan yang dipimpin oleh Friar Bartolome de la Casas.  Tinggi bangunan yang dibangun di pertengahan abad ke 16 itu memiliki panjang sekira 183 kaki. Dan lebar 42 kaki. Sementara yang muncul di permukaan sungai diperkiran 30 kaki.

Sementara itu, menurut arsitek Carlos Navarete, yang bekerja kepada pemerintah meksiko setempat menduga bahwa bangunan tersebut diabaikan karena wabah parah yang terjadi pada tahun 1773-1776. Letak gereja tersebut tidak jauh dari Biara Tecpatan, yang ditemukan pada tahun 1954. Navarrete meyakini bahwa kedua bangunan tersebut dibangun pada tahun yang sama dan memiliki bentuk arsitek yang sama. (imn)

To Top