Sistem Pengamanan Polda Metro Jaya Patut Dicontoh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Sistem Pengamanan Polda Metro Jaya Patut Dicontoh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sistem pengamanan yang dilakukan jajaran Polda Metro Jaya dalam mengamankan pertandingan final Piala Presiden antara Persib Bandung dengan Sriwijaya FC di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta patut diapresiasi.

“Sistem ini menjadi fenomena baru dalam dunia sepakbola Indonesia, sehingga pertandingan-pertandingan rawan konflik tidak perlu lagi dipindah ke lain kota atau dilakukan tanpa penonton,” kata Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, dalam keterangan beberapa saat lalu (Senin, 19/10).

Menurut Neta, jika polisi bersikap tegas dan melakukan pagar betis, serawan apa pun pertandingan sepakbola akan tetap bisa berlangsung aman, tertib dan tanpa gangguan berarti. Sebab itu, sistem pengamanan yang dilakukan Polda Metro Jaya perlu menjadi contoh bagi polda-polda lain dalam mengamankan pertandingan sepakbola.

“Sehingga olahraga rakyat ini bisa benar-benar menjadi hiburan yang aman untuk disaksikan puluhan ribu masyarakat,” ungkap Neta.

Ketua SC Piala Presiden Maruarar Sirait, juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pertandingan ini. Bagi dia, pertandingan ini sukses bukan karena superman, melainkan karena ada supertim yang luar biasa.

“Kita berterimakasih kepada Panglima TNI, Kapolri, Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jabar, Pangdam Jaya, Pangdam Siliwingi hingga pertandingan berjalan aman. Kita juga terimakasih kepada klub, pemain, dan pendukung yang sportif, berjiwa besar, siap menang dan siap kalah,” ungkap Maruarar.

Menurut Ara, pertandingan ini digelar dengan selalu memperhatikan pesan Presiden Jokowi. ‎Yaitu agar pertandingan berjalan fair, terbuka dan transparan. Jokowi juga berpesan agar pertandingan ini melahirkan prestasi olahraga yang semakin berkualitas, serta menggerakan ekonomi. (ysa/rmol)

loading...
Click to comment
To Top