Tangani AIDS, KPA Berharap Keterlibatan Media – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tangani AIDS, KPA Berharap Keterlibatan Media

PATI, RAJA – Penanggulangan AIDS perlu keterlibatan peran media masa (cetak, elektronik dan on line) Utamanya dalam menyampaikan informasi terkait HIV/AIDS dan upaya penanggulangannya.

Untuk mengefektifkan upaya penanggulangan dan pencegahan penyebaran HIV/AIDS yang terus bertambah, perlu melibatkan peran media secara langsung, dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Seperti, memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk mengikis stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengah HIV AIDS (ODHA).

Wakil Ketua I Pelaksana Harian Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Pati, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Pati, dr. Edi Sulistiono, M.M., Sabtu pagi (17/10),  berharap media massa turut serta melibatkan diri dalam penanggulangan HIV AIDS di daerah. “Tapi yang paling penting, media memberikan informasi kepada masyarakat dengan baik dan benar tentang HIV/AIDS ini sehingga mereka mau menyadari. Sehingga masyarakat mau memeriksakan kesehatannya sendiri. Itu yang kita harapkan, tanpa paksaan, tidak takut, seandainya terindikasi terinfeksi mereka mau diobati dan tidak menularkan kepada orang lain,” harapnya.

Wakil Ketua I Pelaksana Harian KPA Pati menegaskan, sebenarnya bukan hanya media masa, tapi semua elemen masyarakat hingga di tingkat keluarga terlibat untuk mensosialisasikan program penanggulangan HIV AIDS yang informatif dan benar. Sehingga masyarakat terdorong untuk memeriksakan kesehatannya ke layanan kesehatan VCT, terkait ada tidaknya infeksi HIV pada tubuhnya. “Karena ada pemahaman yang keliru. Sebetulnya pemeriksaan yang tersandarisasi itu di VCT  di rumah sakit. Karena di Puskesmas enggak bisa kan? Dan di VCT ada kategorinya. VCT itu tidak boleh membocorkan rahasia, sehingga yang membuka hasilnya itu yang bersangkutan sendiri. Nah mereka mau terbuka atau tidak?” terangnya.

Keterlibatan media masa dengan karakteristiknya lebih efektif, kata Wakil Ketua I Pelaksana Harian KPA Pati, dr. Edi Sulistiono, MM, karena media mampu menjangkau masyarakat hingga ke pelosok. (pp)

loading...
Click to comment
To Top