Tiga Megaproyek Ini Jadi Prioritas Pemprov – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tiga Megaproyek Ini Jadi Prioritas Pemprov

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tiga proyek ini jadi prioritas Pemprov Sulsel. Ketiganya dilaunching pada peringatan HUT ke-346 Sulsel, Senin 19 Oktober. Launching digelar di ujung Jalan Middle Ring Road tepat di depan kampus STIMIK Dipanegara.

Tiga proyek yang dilauching, masing-masing jalan lingkar tengah atau Middle Ring Road, lingkar luar atau Bypass Mamminasata, dan jalan layang atau Elevated Road yang menghubungkan Maros-Bone. Tiga megaproyek akan dimulai tahun ini. Ketiganya dikerjakan selama tiga tahun atau multiyears. Alokasi anggarannya sudah dijamin pemerintah pusat.

Middle Ring Road (MRR) pada tahap pertama sudah menyetujui Rp219,8 miliar. Itu untuk tahap pertama sepanjang 3 kilometer yang melintang dari Jalan Perintis hingga ke Borong. Total panjang MRR ini 7 kilometer hingga ke Jalan Syeh Yusuf, Kabupaten Gowa.

“Tendernya sementara berlangsung. Tahun ini sudah dipastikan dimulai pekerjaannya,” jamin Sekprov Sulsel, Abdul Latif, kemarin.

Sementara itu, untuk proyek Bypass Mamminasata, dari total panjang 48,1 kilometer, tahun ini sudah akan dimulai pekerjaan sepanjang 13,7 kilometer. Pusat pun sudah menyetujui alokasi anggaran Rp251,2 miliar yang dikucurkan selama tiga tahun. Elevated Road juga demikian.

Secara keseluruhan, total panjang jalan pada proyek ini mencapai 148 kilometer. Pada segmen satu yang dimulai tahun ini, baru 1,3 kilometer yang dikerjakan, untuk bisa rampung secara keseluruhan. Total anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp1 triliun lebih, terdiri atas lima segmen.

Segmen tersebut membutuhkan anggaran Rp169 miliar. Sementara tahun ini, pemerintah pusat baru mengalokasikan Rp30 miliar. (iad/wik)

Click to comment
To Top