Waspadai Sumbangan Donatur di Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Waspadai Sumbangan Donatur di Pilkada

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — KPU di 11 daerah pilkada Sulsel telah menerima laporan dana sumbangan donatur bagi paslon yang bertarung. Yakni dengan besaran mencapai Rp50 juta bagi sumbangan pribadi, dan Rp500 juta bagi organisasi atau perusahaan.

Sejatinya, mereka patut mewaspadai sumbangan politik itu. Yakni dengan memperhitungkan sebagai investasi penyumbang yang akan menagih ketika paslon usungannya terpilih di pilkada.

Pengamat Politik Universitas Bosowa, Arief Witcaksono mengatakan walau secara teknis anggaran kampanye paslon sudah dibantu negara, tapi jumlahnya sangat terbatas. Maka ini memunculkan peluang bagi paslon mencari ‘investor politik’ dengan konsekuensi saling menguntungkan. “Sebagaimana investasi, semuanya pasti sudah dihitung untung ruginya. Termasuk risiko tidak.kembali karena paslon tertentu kalah bertarung,” beber Arief, Senin 19 Oktober.

Maka dia mengingatkan warga masyarakat, sejak saat ini mengamati daftar donatur paslon tersebut. Mencatat track rekordnya, dan mengawasi kiprahnya setelah pilkada.

Laporan donator sendiri mesti diumumkan ke publik oleh KPU. Selanjutnya, paslon kembali melaporkan seluruh pemasukan dan pengeluaran dana kampanye (LPDK) mereka ke KPU, pasca tahapan kampanye atau 6 Desember mendatang. Bila tidak melaporkan LPDK, paslon bisa didiskualifikasi. (nur)

loading...
Click to comment
To Top