204 Desa Belum Cairkan Dana Desa II – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

204 Desa Belum Cairkan Dana Desa II

BOYOLALI, RAJA – Sebanyak 57 dari 261 desa di Boyolali baru mencairkan dana desa tahap II. Total dana desa tahap II senilai Rp7,475 miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Sekretariat Daerah (Setda) Boyolali, Muh. Arif Wardianta, mengatakan data yang masuk di pemdes sampai pekan kedua Oktober ada sebanyak 57 desa telah mencairkan dana desa tahap II. Sementara sebanyak 204 desa belum mencairkan.

“Serapan anggaran dana desa dari APBN tahap II sangat minim dibandingkan tahap I. Kami sudah berusaha kerja meminta kades [kepala desa] segera mencairkan dana desa,” ujar Arif saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Arif megatakan minimnya pencairan dana desa tahap II disebabkan karena desa kesulitan dalam membuat Laporan Pertanggunjawaban (LPj) penggunaan dana desa tahap I. Pemkab membuat kebijakan dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Percepatan Pencairan Dana Desa tanggal 28 September yang ditandatangani Penjabat (Pj) Bupati Boyolali.

“Kami memberikan kelonggaran dalam pencairan dana desa tahap II tidak perlu mencantumkan LPj. LPj dana desa tahap I, II, dan III dikumpulkan menjadi satu pada Desember mendatang,” kata Arif.

Arif menjelaskan dalam pencairan dana desa tahap II desa hanya perlu membuat surat pernyataan kesanggupan membuat LPj dan menyertakan fotokopi buku tabungan rekening desa. Ia mengaku heran dengan sikap kepala desa yang sudah diberikan kelonggaran tetapi masih banyak yang belum mencairkan dana desa tahap II.

“Pemdes sebenarnya sudah banyak menerima LPj penggunaan dana desa tahap II. Namun, karena masih banyak kekurangan kami kembalikan lagi ke desa,” kata dia.

Arif khawatir kalau dana desa tahap II tidak segera dicairkan pertengahan bulan ini akan berbenturan dengan pencairan dana desa tahap III. Ia mengatakan dana desa tahap III informasi dari pusat akan cair pada akhir bulan ini.

“Kami memaklumi pencairan dana desa tahun ini tidak begitu mudah karena baru kali pertama mereka menerima dana desa. Tahun depan pencairan dana desa di Boyolali harus lebih baik,” ujar dia.

Arif menambahkan total dana desa tahun ini senilai Rp72,548 miliar, Tahun depan dana desa di Boyolali naik dua kali lipat dibandingkan tahun ini. Sementara sesuai UU Desa penggunaan anggaran dana desa diperuntukkan untuk program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. (sp)

To Top