Akses Internet Lemot, Pendataan Ulang PNS Kewalahan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Akses Internet Lemot, Pendataan Ulang PNS Kewalahan

FAJAR.CO.ID, MAROS — Para PNS di kabupaten Maros mengaku kewalahan dalam Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik 2015 (e-PUPNS 2015). Akses internet yang lemot mendominasi keluhan PNS tersebut.

Salah satu PNS Alfi Syahria mengaku para PNS kesulitan mendaftar e-PUPNS. Penyebabnya beragam, mulai dari server down hingga masih ada PNS yang tidak melek IT. “Lamannya sulit diakses sedangkan persyaratan yang harus diinput terlalu banyak, dan masih ada rekan-rekan yang tidak tau menggunakan internet, sehingga lebih memilih membayar orang untuk didaftarkan,” ujarnya.

Kepala BKDD Maros Arwin Malik menyebut dari 7 ribuan PNS Maros, masih ada 2 ribu orang yang belum mendaftar e-PUPNS. Dirinya juga mengaku mahfum dengan persoalan yang dihadapi PNS dalam mendaftar e-PUPNS. “Namun ini bukan hanya terjadi di Maros, tetapi ini masalah nasional,” urainya.

Praktisi IT Ilham Halimsyah menyarankan, untuk solusi jangka pendek PNS bisa mengakses laman diluar jam-jam kerja. Misalnya jam 16.00 atau mulai jam 20.00 malam. Koneksi internet yang digunakan-pun mesti stabil alias tidak naik turun. “Minimal kecepatannya mencapai 700 kilobyte per detik. Hindari menggunakan signal booster di hotspot publik karena hanya akan merugikan pengguna internet lainnya,” kata Ilham.

Sedangkan solusi jangka panjangnya, kata Ilham, server laman e-PUPNS mesti dibagi per wilayah. Pasalnya, selama ini servernya terpusat di Jakarta, sedangkan yang mengaksesnya setiap hari ada sekira 3 juta PNS. “Akibatnya, baru login dan mengisi halaman pertama, baru melangkah ke halaman berikutnya koneksi sering terputus. Pembagian jam akses juga bisa membantu,” tandasnya.

Hingga kemarin, pantauan FAJAR di situs e-PUPNS dari 4 jutaan PNS, tercatat 3 juta PNS yang sudah terdaftar sejak diluncurkan per 1 September. Program ini ditargetkan rampung 31 Desember. Namun, sejak diluncurkan laman e-PUPNS telah berkali-kali mengalami server down. (M Haris Syah)

 

loading...
Click to comment
To Top