Cilacap Siap Jadi Penyangga Poros Maritim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Cilacap Siap Jadi Penyangga Poros Maritim

CILACAP, RAJA – Cilacap merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah dan memiliki garis pantai terpanjang di provinsi itu karena panjangnya mencapai 201,9 kilometer.

Dari panjang garis pantai tersebut, 105 kilometer di antaranya berhadapan langsung dengan Samudra Hindia sedangkan sisanya sepanjang 96,9 kilometer merupakan garis pantai yang berhadapan dengan kawasan Segara Anakan dan Pulau Nusakambangan yang merupakan salah satu pulau terluar Indonesia.

Seiring dengan kebijakan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia, berbagai harapan agar pembangunan poros maritim dimulai dari Cilacap karena kabupaten itu dinilai memiliki berbagai potensi kemaritiman. “Kami berharap pemerintah pusat menjadikan Cilacap sebagai prioritas untuk pengembangan sektor kemaritiman atau poros maritim dunia,” kata Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pengelola Sumber Daya Kawasan Segara Anakan (DKPPSDKSA) Kabupaten Cilacap Supriyanto di Cilacap, kemarin.

Menurut dia, wilayah perairan Cilacap berada di batas negara karena menghadap ke Samudra Hindia. Selain itu, kata dia, Cilacap hutan mangrove, pelabuhan alam, bandara, dan berbagai moda angkutan darat, baik kereta api maupun angkutan jalan raya.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Cilacap telah membahas harapan menjadi prioritas pengembangan poros maritim tersebut dengan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam hal ini, kata dia, pembahasan tersebut guna menginventarisasi infrastruktur yang diperlukan dalam pengembangan poros maritim dengan didukung pemerintah pusat dan lintas kementerian serta lintas kabupaten/kota karena penetapan Cilacap sebagai basis kegiatan kemaritiman tidak terlepas dari dukungan kabupaten/kota lainnya. “Ini saya kira Cilacap sudah terintegrasi dan kemarin sudah saya bahas tetapi tetap pada sisi koridor kami,” katanya.

Harapan agar pembangunan poros maritim dimulai dari Cilacap juga pernah disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi saat menghadiri kegiatan dalam memperingati Hari Nusantara XV Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Cilacap di Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap, 22 September 2015. “Saya sangat salut karena memang satu-satunya kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang paling luas wilayah lautnya adalah Cilacap. Maka sebenarnya poros maritim harus dimulai dari Cilacap baru pantura (pantai utara), itu kalau menurut saya,” katanya.

Menurut dia, pemikiran itu muncul karena wilayah selatan Jawa Tengah harus dibangun. Ia mengatakan jika wilayah selatan Jawa Tengah dibangun, pembangunan ekonomi di provinsi itu bisa seimbang. “Menurut Pak Ganjar (Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, red.), kalau pantura itu terlalu padat, Pulau Jawa bisa oleng. Oleh karena itu, pembangunan di wilayah selatan harus kita lakukan,” katanya.

Saat ini, tinggal menunggu keputusan pemerintah untuk menentukan wilayah yang akan dijadikan sebagai tonggak pembangunan poros maritim. (in)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top