Inggris Kewalahan Lacak Warganya yang Masuk ISIS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Inggris Kewalahan Lacak Warganya yang Masuk ISIS

LONDON – Setelah bergabung dengan kelompok Negara Islam Suriah (ISIS), Mohammed Emwazi atau lebih dikenal sebagai Jihadi John kini terdaftar sebagai penjahat paling dicari di Inggris.

Meski jadi penjahat paling dicari, namun pihak kepolisian Inggris masih kerepotan melacak posisi Emwazi dan ingin menahannya “hidup-hidup” untuk mengirimnya ke pengadilan berdasarkan hukum Inggris.

Bahkan sejauh ini, usaha semakin giat dilakukan melacaknya. Apalagi sempat mendapat informasi kepemimpinan ISIS kecewa dengannya karena mengklaim Emwazi adalah penyebab kelompok teroris itu berhadapan serangan berkelanjutan pihak barat.

Jika berhasil menahannya, Jihadi John akan diinterogasi sehubungan pembunuhan yang dilakukannya termasuk tindakannya memenggal kepala tawanan Inggris, David Haines dan Alan Henning.

Sumber Keamanan Amerika Serikat (AS) mengatakan Sunday People, “Tim intelijen menginformasikan Emwazi kita tidak diberi tugas khusus dalam ISIS dan dia juga sering berpindah tempat serta tidak lagi diberi tugas penting atau berada di lokasi strategis.

“Kami percaya inilah saat paling tepat untuk menahannya, terutama ketika dia melalui proses transit,” katanya.

Kata sumber itu lagi, Emwazi juga dikatakan berkaitan dengan kelompok serupa di Suriah dan sedang berusaha untuk menyelamatkan dirinya dengan memasuki Somalia dan bergabung dengan kelompok Al Shabab.

Pihak AS berpendapat lebih baik jika upaya menahan Emwazi dipimpin Inggris karena dapat memudahkan urusan legislatif, selain alasan politik.(ray/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top