Ragukan Netralitas Pejabat, Warga Demo Kantor Camat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ragukan Netralitas Pejabat, Warga Demo Kantor Camat

FAJAR.CO.ID, BARRU — Suasana pilkada di Kabupaten Barru 2015 mulai panas. Sekelompok warga berunjuk rasa di kantor Camat Soppeng Riaja menyusul adanya temuan sekdes dan kepala desa ikut bagi-bagi alat peraga kampanye salah satu kandidat bupati Barru. Mereka minta pejabat harus netral dalam pilkada.

AM Amin, menyatakan netralitas pejabat Pemkab Barru sudah diragukan. Terbukti adanya temuan sekretaris desa Lawallu membagi-bagikan alat peraga kampanye salah satu calon ke lima ketua RT. ‘’Mereka yang tidak netral harus diperoses. Kalau perlu dilakukan pemecatan,’’ ujar Amin.

Dia menyatakan, pejabat yang tidak netral harus ditindak tegas. Ini preseden buruk pada demokrasi pilkada Barru ke depan. Mereka secara terang-terangan mengkampanyekan salah satu calon. Padahal sebagai pegawai negeri sipil tidak boleh ikut terlibat dalam politik praktis.

Massa yang menamakan diri Forum Pemerhati Netralitas Pemerintah itu menuding Camat Soppeng Riaja harus bertanggung jawab terhadap bawahannya yang tidak netral, apalagi sampai mangkampanyekan calon.

 

[NEXT-FAJAR]

Penjabat Bupati Barru harus memperketat pengawasannya. Massa datang dengan membawa spanduk bertuliskan pemintaan pada camat untuk netral dalam pilkada. Mereka juga sempat beberapa kali bernegosiasi dengan petugas lantaran menolak membubarkan diri sebelum bertemu penjabat bupati Barru.

Camat Soppeng Riaja, Charli Fiscer memuhi permintaan massa menemui mereka. Charli menyatakan siap diberhentikan jika terbukti tidak netral, termasuk menandatangani pernyataan untuk netral dalam pilkada Barru.’’Kami nyatakan mereka yang melanggar harus diusut secara tuntas,’’ katanya. (rus)

 

loading...
Click to comment
To Top