Satu Tahun Kepemimpinan Jokowi; Ini Penilaian Rakyat Kecil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Satu Tahun Kepemimpinan Jokowi; Ini Penilaian Rakyat Kecil

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masyarakat menilai kinerja Presiden Joko Widodo selama satu tahun memimpin Indonesia masih cukup baik. Hal ini diketahui dari temuan Saiful Mujani Research and Consulting.

“Saat ini rakyat yang menyatakan puas terhadap kinerja Presiden Jokowi hanya mencapai 51,7 persen. Sedangkan yang menyatakan tidak puas 45,4 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan saat menyampaikan hasil Survei Evaluasi Publik Nasional Setahun Pemerintahan Jokowi di Jakarta, Selasa (20/10).

Djayadi menyatakan, kepuasan terhadap kinerja Jokowi lebih kuat terlihat di kalangan rakyat kecil. Yakni, mereka yang berpendidikan lebih rendah, berpendapatan lebih rendah, tinggal di pedesaan dan bekerja sebagai pekerja kasar, pengangguran atau ibu rumah tangga.

Selain itu, tingkat kepuasan terhadap presiden hanya positif di kalangan berpendapatan sangat rendah yakni Rp 1 juta ke bawah. “Besarannya yakni 57 persen,” ucap Djayadi.

Dilihat dari segi pekerjaan, tingkat kepuasan terhadap presiden cenderung positif di kalangan pekerja kasar atau tidak terampil dan pengangguran, ibu rumah tangga, dan pelajar atau mahasiswa. “Besarannya 50-55 persen,” ungkap Djayadi.

Survei dilakukan pada 7-13 Oktober 2015 terhadap 1.220 responden. Populasi survei adalah seluruh warga Indonesia yang sudah punya hak pilih, yakni mereka yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Metode yang digunakan adalah multistage random sampling. Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (gil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top