Ciptakan Ketahanan Pangan dari Halaman Rumah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ciptakan Ketahanan Pangan dari Halaman Rumah

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo terus mendorong masyarakat memanfaatan lahan kosong. Salah satunya yang terus disosialisasikan Badan Ketahan Pangan Kabupaten Wajo adalah pemanfaatan lahan pekarangan rumah.
Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo giat mendorong pemberdayaan kelompok perempuan. Pasalnya, untuk mensuskseskan program  kemandirian pangan kelompok perempuan menjadi ujung tombaknya.
“Saat ini kami gencar melakukan sosialisasi kepada kelompok perempuan untuk usaha pemanfaatan lahan pekarangan rumah karena merupakan program unggulan. Untuk program tersebut sudah diberikan bantuan berupa bibit tanaman sesuai dengan kebutuhan yang masing-masing kelompok,” kata Kepala badan Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo Ir Nasfari.
Pemanfaatan lahan pekarangan rumah, merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga. Makanya, kata Nasfari, pemanfaatan lahan pekaran rumah akan dapat mengurangi pengeluaran belanja bulanan sehingga dalam mencukupi kebutuhan pangan keluarga, tidak terlalu menjadi beban masyarakat.
“Program ini juga untuk memenuhi pola pangan harapan masyarakat dalam rangka mengkomsumsi makanan yang bervitamin. Pola pangan harapan hingga saat ini sudah mencapai 62 persen dimana masyarakat rutin mengkomsumsi nasi dan target 2019 bisa mencapai 94 persen program pola pangan harapan tersebar di 14 kecamatan,” ujarnya
Selain itu, lanjut Nasfri, pembinaan pengolahan juga akan dimaksimalkan. Makanya mandset harus diubah prosesnya hanya tanam, petik dan jual menjadi tanam, olah, petik dan jual.
Pada 2016 mendatang akan dikembangkan kebeberapa desa untuk pola pangan harapan. Kebun kecil di pekarangan rumah, diharapkan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan keluarga, dan selebihnya dapat dijual untuk menambah pendapatan keluarga.
“Mari kita meningkatkan ketahanan, keanekaragaman dan keamanan pangan bagi keluarga, salah satunya dengan pemanfaatan tanah pekarangan yang ada,” ujarnya (advetorial)
loading...
Click to comment
To Top